Selasa, 06 Desember 2016

Critical Jurnal Review Aplikasi Dasar Komputer

          CRITICAL JURNAL REVIEW

DISUSUN OLEH :
NAMA                       : LIDYA HANDAYANI POHAN
                                                              NUZRUL MEYLINDA S.
                          ARLIYA LUBIS
                                                              WASTI SITANGGANG
                                                              DESI TIAR ULI MARBUN
KELAS                      : NON REGULER A
                                   





PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
MEDAN
2016



KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, dengan ini kami panjatkan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kami, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Critical Jurnal Review”. Selama pembuatan makalah pun penulis juga mendapat banyak dukungan dan juga bantuan dari berbagai pihak, maka dari itu penulis haturkan banyak terima kasih kepada :
  1. Bapak Drs. Syamsul Arif., M.Pd selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  2. S. Fahmy Dalimunthe., M.I.Kom. selaku Sekretaris Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Fitriani Lubis S.Pd., M.Hum selaku Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  4. Dra. R. Simare-mare, M.Pd selaku Dosen pembimbing mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer yang memberikan kami pengerahan untuk mengerjakan makalah ini.
  5. Seluruh teman-teman saya yang ada di kelas Non Reguler A yang telah memberikan saya saran dan kritik dalam mengerjakan makalah ini
Akhirnya penulis mengharapkan semoga dari makalah yang berjudul “Critical Jurnal Review” ini dapat diambil manfaatnya sehingga dapat memberikan inpirasi terhadap pembaca. Selain itu, kritik dan saran dari anda, penulis tunggu untuk perbaikan makalah ini nantinya.


Medan, 14 November 2016


    Penulis
CRITICAL JURNAL REVIEW I

Judul
Penggunaan Komputer Dalam Pengajaran-Pembelajaran Dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah : Satu Kajian Kes Di Pulau Pinang
Jurnal
Penggunaan Komputer Dalam Pengajaran-Pembelajaran
Vol & Hal
Vol. XXIV & Hal. 203-225
Tahun
2006
Penulis
1.      Abdul Wahab Ismali Gani
2.      Kamaliah Hj. Siarap
3.      Hasrina Mustafa
Riviewer
Lidya Handayani Pohan (2162311006)
Nuzrul Meylinda (2163311027)
Arliya Lubis (2162311002)
Wasti Sitanggang (2163311039)
Desi Tiar Uli Marbun (2163311008)
Tanggal
08 November 2016

Latar Belakang
          Dalam bidang pendidikan, usaha mempertingkatkan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran terus dipergiatkan bagi melahirkan generasi muda yang celik komputer dan sentiasa peka dengan perkembangan teknologi semasa. Selaras dengan kesungguhan kerajaan menggalakkan penggunaan komputer dalam bidang pendidikan, adalah wajar satu kajian dilakukan untuk mengetahui tahap penggunaan komputer bagi pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru. Justeru itu, satu kajian kes dijalankan di tiga buah sekolah menengah Pulau Pinang.
Rumusan Masalah
          Rumusan Masalah dalam jurnal ini adalah bagaimana guru-guru yang berada di daerah Timur Laut Pulau Pinang dalam menggunaakan media pembelajaran komputer untuk mengajar para anak didiknya ?
Tujuan Penelitian
          Tujuan Penelitian dalam jurnal ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru-guru yang berada di daerah Timur Laut Pulau Pinang dalam menggunaakan media pembelajaran komputer untuk mengajar para anak didiknya.
Teori yang digunakan
          Teori Resapan Inovasi digunakan dalam kajian ini untuk melihat tahap penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mereka untuk menggunakan komputer dalam proses pengajaran dan
pembelajaran serta melihat sikap guru terhadap sifat-sifat inovasi komputer.
          Teori Resapan Inovasi adalah satu teori yang dipelopori oleh Everett M. Rogers. ''Resapan'' merupakan proses di mana sesuatu inovasi dihubungkan melalui saluran-saluran tertentu mengikut masa dalam kalangan ahli-ahli dalam sesebuah sistem sosial (Rogers, 1983).
Metode Penelitian
          Kajian ini menggunakan kaedah tinjauan. Borang soal selidik berstruktur digunakan sebagai instrumen utama kajian ini. Sampel kajian terdiri daripada guru-guru yang dipilih dari tiga buah sekolah menengah dalam daerah Timur Laut Pulau Pinang. Rekabentuk kajian yang digunakan adalah berbentuk deskriptif dan kuantitatif.
Hasil Penelitian
          Hasil kajian berdasarkan Jadual 1 menunjukkan bahawa lebih ramai guru wanita berbanding lelaki, di mana bilangan responden perempuan ialah 109 orang (67.7%) manakala bilangan responden lelaki hanya 52 orang (32.3%).
          Taburan kekerapan tertinggi bagi umur adalah bagi kategori 26 hingga 35 tahun iaitu seramai 68 orang (42.2%), diikuti oleh kategori umur antara 36–45 tahun iaitu seramai 56 orang (34.8%) dan kategori umur lebih 45 tahun adalah seramai 28 orang (17.4%). Cuma 9 orang (5.6%) yang berumur kurang dari 26 tahun.
          Seterusnya, kaum Melayu mencatatkan taburan kekerapan yang tertinggi iaitu seramai 118 orang (73.3%), diikuti oleh kaum Cina seramai 23 orang (14.3%), kaum India seramai 16 orang (9.9%) dan lain-lain yang terdiri daripada suku kaum Sabah, Sarawak dan India Muslim sebanyak empat orang (2.5%). Dari segi status perkahwinan pula, majoriti responden iaitu 126 orang (78.3%) telah pun mendirikan rumah tangga, manakala 31 orang (19.3%) masih bujang.
          Taburan kekerapan bagi mata pelajaran major yang diajar pula menunjukkan responden yang mengajar subjek Matematik dan Bahasa Inggeris mencatatkan bilangan responden yang sama iaitu masing-masing seramai 23 orang (14.3%), diikuti dengan 22 responden (13.7%) yang mengajar subjek Sains, 19 responden (11.8%) yang mengajar subjek Bahasa Melayu dan 15 responden (9.3%) yang mengajar subjek Sejarah. Baki 59 responden lagi merupakan mereka yang dikategorikan sebagai mengajar subjek lain-lain seperti subjek Pendidikan Islam, Geografi, Kemahiran Hidup, Ekonomi dan Pendidikan Jasmani.           
           Hasil kajian menunjukkan sebilangan besar daripada responden adalah guru biasa iaitu seramai 97 orang (60.2%). Ini diikuti oleh Guru Panitia seramai 40 orang (24.2%), Penolong Kanan seramai enam orang (3.7%), Penolong Kanan Hal Ehwal Murid (HEM) seramai 4 orang (2.5%) dan Pengetua seramai tiga orang (1.9%). Baki 11 responden yang dikategorikan sebagai lain-lain pula merupakan mereka yang memegang.
Simpulan
          Secara umumnya dapatlah dirumuskan bahawa faktor pengetahuan, sikap, sifat-sifat inovasi, personaliti guru, dan sokongan organisasi amat mempengaruhi penerimaan dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru. Di samping itu faktor demografi seperti jantina, umur dan mata pelajaran major yang diajar didapati tidak mempengaruhi penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
          Pengkaji-pengkaji di masa hadapan dicadangkan menjalankan kajian yang lebih mendalam mengenai sikap guru terhadap sifat-sifat komputer dan faktor-faktor yang menyebabkan penolakan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran. Sekiranya kebolehcubaan adalah faktor utama penolakan, maka adalah wajar untuk mengadakan perancangan yang lebih teliti dan mencari jalan yang berkesan demi meningkatkan tahap keramahan penggunaan komputer dalam kalangan guru dalam pengajaran dan pembelajaran dan disesuaikan mengikut keperluan individu yang berbeza. Selain itu, pengkaji seterusnya juga perlu mengenal pasti terlebih dahulu apakah faktor-faktor utama yang menyebabkan guru-guru menerima atau menolak penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran supaya dapat dijadikan pandangan serta panduan untuk menjalankan kajian.
          Selain itu, kajian-kajian akan datang boleh menggunakan bentuk inovasi yang lain seperti e-mel, internet dan lain-lain lagi. Di samping itu, skop kajian juga mungkin boleh diperluaskan bukan sahaja terhadap guru-guru di Daerah Timur Laut tetapi guru-guru di daerah-daerah mahupun di negeri lain juga. Tambahan pula, selain daripada kaedah tinjauan melalui soal selidik, kaedah temuduga juga boleh dijalankan untuk mengukuhkan serta mendapatkan maklumat tambahan mengenai keputusan kajian. Kajian terhadap guru-guru adalah penting berikutan dasar kerajaan ketika ini untuk menuju ke era e-pembelajaran dan e-kerajaan. Oleh itu, guru-guru perlu bersedia menerima penggunaan komputer dalam proses pengajaran dan pembelajaran supaya dapat melahirkan generasi yang celik komputer. Ini bagi melahirkan generasi yang akan datang tidak kekok dengan perkembangan teknologi yang berlaku saban hari secara berterusan.








CRITICAL JURNAL REVIEW II

Judul
Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi
Jurnal
Pemikiran Alternatif Pendidikan
Vol & Hal
Vol. 12 & Hal. 1 - 6
Tahun
2007
Penulis
Maria Ulpah
Riviewer
Lidya Handayani Pohan (2162311006)
Nuzrul Meylinda (2163311027)
Arliya Lubis (2162311002)
Wasti Sitanggang (21633112163311039)
Desi Tiar Uli Marbun (2163311008)
Tanggal
08 November 2016

Latar Belakang
          Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pengajar, peserta didik, dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Jadi, sebagai alat bantu,media mempunyai fungsi melicinkan jalan menuju tercapainya tujuan pembelajaran.
          Kegiatan belajar peserta didik dengan bantuan media akan menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa bantuan media. Dengan media diharapkan terjadi interaksi antara dosen dengan mahasiswa secara maksimal sehingga dapat mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan.
          Penggunaan media pembelajaran yang tidak tepat akan menyebabkan mahasiswa salah paham terhadap pokok bahan ajar yang diberikan dan menghalangi mereka untuk mencapai hasil belajar seperti yang diinginkan. Dalam pemilihan dan penggunaan media harus mempertimbangkan: pertama, tujuan yang akan dicapai; kedua, kesesuaian media dengan materi yang akan dibahas; ketiga, tersedianya sarana dan prasarana penunjang; dan keempat, karakteristik mahasiswa.
Rumusan Masalah
          Rumusan Masalah dalam jurnal ini adalah yang pertama apa saja keistimewaan komputer sebagai media pembelajaran dan yang kedua adalah bagaimana model pembelajaran dengan menggunakan media komputer di perguruan tinggi.
Tujuan Penelitian
          Tujuan Penelitian yang ada dalam jurnal ini adalah untuk mengetahui keistimewaan komputer sebagai media pembelajaran dan juga untuk mengetahui model pembelajaran yang bagaimana yang digunakan di perguruan tinggi dengan media komputer.
Teori yang digunakan

Metode Penelitian

Hasil Penelitian
Komputer Sebagai Media Pembelajaran
          Komputer adalah alat elektronis otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan dan memberikan hasil pengolahan, biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.
          Komputer sebagai media dalam proses pembelajaran memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki oleh media lain, beberapa keistimewaan itu antara lain sebagai berikut :
1.      Komputer dapat berperan sebagai media yang efektif untuk menumbuhkembangkan minat dan kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran.
2.      Komputer dapat menjadikan mahasiswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran (terciptanya hubungan interaktif).
3.      Dengan menggunakan komputer sebagai media pembelajaran, seringkali mahasiswa berhasil mempelajari bahan ajar yang sama banyaknya dengan waktu yang lebih sedikit.
4.      Mahasiswa yang belajar dengan media komputer mempunyai kemampuan mengingat materi kuliah dalam waktu yang lebih lama dan dapat menggunakannya dalam bidang-bidang lain.
5.      Komputer memberi fasilitas bagi mahasiswa untuk mengulangi pelajaran apabila diperlukan, dengan tujuan memperkuat proses belajar dan memperbaiki ingatan.
6.      Komputer membantu mahasiswa memperoleh umpan balik secara leluasa dan bisa memacu motivasi mahasiswa dengan peneguhan positif yang diberikan jika mahasiswa memberikan jawaban.
Model Pembelajaran dengan Media Komputer di Perguruan Tinggi
          Model-model tersebut di antaranya adalah sebagai berikut :
1.      Simulasi
          Pada model simulasi, komputer menyediakan suatu situasi buatan yang serupa dengan situasi yang sebenarnya, di mana mahasiswa dapat melakukan latihan sama persis seperti dalam situasi yang sesungguhnya tanpa harus menghadapi risiko buruk seperti yang terjadi dalam situasi sesungguhnya. Model simulasi ini selalu bersifat exploratory dan menekankan penyelesaian masalah.
          Contohnya seperti program yang digunakan dalam pembelajaran calon-calon pilot dalam latihan mengemudikan pesawat terbang. Institusi pendidikan pilot menggunakan program komputer flight simulator. Sesuai dengan karakteristiknya yang bersifat simulasi, seluruh situasi dibuat mirip dengan aslinya. Melalui program komputer tersebut calon pilot mendapat bimbingan persis seperti dalamsituasi nyata, namun tanpa perlu khawatir mengalami situasi buruk adanya tabrakan atau kecelakaan pesawat.
2.      Latihan dan Praktik (drill and practice)
                    Model ini membantu mahasiswa dalam mengingat 
dan   menggunakan informasi yang diberikan dosen, menguatkan pelajaran yang sudah lewat melalui pengulangan,17 misalnya dalam memahami fakta, konsep, aturan, dan prosedur (algoritma). Latihan berfungsi untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan konsep dan ide yang telah dipelajarinya. Model ini lebih ditujukan untuk me-review materi yang telah lewat (telah diajarkan) daripada mempelajari materi baru.
3.      Hiperteks dan Hipermedia
          Hiperteks adalah penyampaian informasi dalam bentuk teks atau kalimat dengan cara yang tidak berurutan, pengguna komputer boleh mencari kata yang diperlukan mengikuti yang dikehendakinya tanpa harus mengikuti urutan tertentu melalui kata kunci (password) dan teks yang diberi warna lain (hotword) yang terdapat dalam teks. Adapun hipermedia adalah gabungan berbagai media seperti video, suara,musik, teks, animasi, film, grafik dan gambar yang diatur oleh hiperteks.
4.      Tutorial
          Tutorial dirancang untuk menyampaikan materi perkuliahan yang baru, di mana mahasiswa belum pernah diajarkan materi ini sebelumnya. Program komputer diformat berupa dialog antara komputer dan mahasiswa, informasi disajikan, pertanyaan diajukan oleh mahasiswa dan jawaban diberikan, lalu keputusan dibuat untuk melanjutkan materi baru atau me-review materi yang telah disajikan.
5.      Permainan (game)
          Pola interaksi dalam bentuk permainan menyajikan materi kuliah dengan cara yang kompetitif dan menghibur dalam upaya memelihara minat belajar mahasiswa. Pada dasarnya permainan bisa bersifat murni, tapi bisa juga didesain sehingga cocok untuk tujuan-tujuan pendidikan. Model ini biasanya ditujukan untuk tujuan yang spesifik dan melibatkan beberapa ukuran kompetisi.
Simpulan
          Penggunaan media atau alat-alat berteknologi modern seperti komputer di dalam perkuliahan tentu tidak bermaksud mengganti cara mengajar yang baik, melainkan untuk melengkapi dan membantu para dosen dalam menyampaikan materi. Hal ini menuntut dosen untuk lebih profesional dalam pengorganisasian pembelajaran dan meningkatkan kompetensinya agar mampu menyerap pemanfaatan teknologi komputer dalam perkuliahan.
          Komputer sebagai media teknologi merupakan alat yang cukup strategis  untuk dapat membantu pembelajaran di perguruan tinggi. Namun demikian, di samping berbagai keunggulan komputer dalam pembelajaran yang telah banyak disinggung di atas, perlu diantisipasi juga beberapa keterbatasan dan kelemahan komputer dalam membantu pembelajaran di perguruan tinggi. Hal ini agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan instruksional yang telah digariskan
sebelumnya dan menghasilkan mahasiswa berkualitas.


















KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JURNAL

KELEBIHAN
1.      Kelebihan Jurnal : Penggunaan Komputer Dalam Pengajaran-Pembelajaran Dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah : Satu Kajian Kes Di Pulau Pinang
Kelebihan dalam jurnal ini adalah abstrak yang digunakan dalam jurnal ini menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa inggris dan bahasa indonesia. Menggunakan presentase yang membuat jurnal ini menjadi lebih akurat. Di dalam jurnal ini lengkap dituliskan mengenai teori yang digunakan dan juga metode penelitian. Dalam jurnal ini juga memliki banyak refrensi baik dari buku maupun dari internet sehingga membuat jurnal ini lebih akurat dan dapt dipercaya.
2.      Kelebihan Jurnal : Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi
Kelebihan yang terdapat dalam jurnal ini adalah menggunakan kalimat yang efektif, menggunakan kata-kata yang mudah dipahami sehingga pembaca tidak bosan untuk membaca jurnal ini sampai selesai. Sama seperti jurnal yang pertama, jurnal yang kedua ini mencantumkan referensi-referensinya yang membuat jurnal ini terpecaya

KEKURANGAN
1.      Kekurangan Jurnal : Penggunaan Komputer Dalam Pengajaran-Pembelajaran Dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah : Satu Kajian Kes Di Pulau Pinang
Didalam jurnal ini walaupun isinya sudah lengkap dan memiliki kelebihan yang banyak, namun terdapat juga beberapa kekurangan, diantaranya ; pada jurnal ini menggunakan banyak kalimat yang bertele-tele, menggunakan kata yang sulit untuk dipahami, menggunakan tulisan ejaan yang sulit dimengerti.

2.      Kekurangan Jurnal : Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi
Kekurangan yang dimiliki jurnal ini adalah abstrak yang digunakan hanya menggunakan bahasa inggris saja, dan tidak menggunakan bahasa indonesia, didalam abstark tidak hanya itu saja kekurangannya, abstrak dalam jurnal ini juga sedikit. Kekurangan lainnya adalah didalam jurnal ini tidak mencantumkan jurnal ini menggunakan teori apa dan metode penelitian yang seperti apa yang digunakan dalam jurnal ini.

1 komentar:

  1. The Casino at Mohegan Sun Pocono: Now Open | JtmHub
    Guests at the Mohegan Sun Pocono 부천 출장마사지 Casino are 과천 출장마사지 invited to take advantage 김제 출장안마 of a complimentary breakfast 이천 출장마사지 credit of up 오산 출장안마 to $50 per

    BalasHapus