CRITICAL JURNAL REVIEW
DISUSUN OLEH :
NAMA :
LIDYA HANDAYANI POHAN
NUZRUL MEYLINDA S.
ARLIYA LUBIS
WASTI SITANGGANG
DESI TIAR ULI MARBUN
KELAS : NON REGULER A
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
MEDAN
2016
KATA
PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha
Pengasih lagi Maha Panyayang, dengan ini kami panjatkan puji syukur atas
kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kami, sehingga penulis
dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Critical Jurnal Review”. Selama
pembuatan makalah pun penulis juga mendapat banyak dukungan dan juga bantuan
dari berbagai pihak, maka dari itu penulis haturkan banyak terima kasih kepada
:
- Bapak Drs. Syamsul Arif., M.Pd selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.
- S. Fahmy Dalimunthe., M.I.Kom. selaku Sekretaris Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Fitriani Lubis S.Pd., M.Hum selaku Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Dra. R. Simare-mare, M.Pd selaku Dosen pembimbing mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer yang memberikan kami pengerahan untuk mengerjakan makalah ini.
- Seluruh teman-teman saya yang ada di kelas Non Reguler A yang telah memberikan saya saran dan kritik dalam mengerjakan makalah ini
Akhirnya penulis
mengharapkan semoga dari makalah yang berjudul “Critical Jurnal Review” ini
dapat diambil manfaatnya sehingga dapat memberikan inpirasi terhadap pembaca.
Selain itu, kritik dan saran dari anda, penulis tunggu untuk perbaikan makalah
ini nantinya.
Medan,
14 November 2016
Penulis
CRITICAL
JURNAL REVIEW I
Judul
|
Penggunaan
Komputer Dalam Pengajaran-Pembelajaran Dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah :
Satu Kajian Kes Di Pulau Pinang
|
Jurnal
|
Penggunaan
Komputer Dalam Pengajaran-Pembelajaran
|
Vol
& Hal
|
Vol.
XXIV & Hal. 203-225
|
Tahun
|
2006
|
Penulis
|
1. Abdul
Wahab Ismali Gani
2. Kamaliah
Hj. Siarap
3.
Hasrina Mustafa
|
Riviewer
|
Lidya
Handayani Pohan (2162311006)
Nuzrul
Meylinda (2163311027)
Arliya
Lubis (2162311002)
Wasti
Sitanggang (2163311039)
Desi
Tiar Uli Marbun (2163311008)
|
Tanggal
|
08
November 2016
|
Latar
Belakang
|
Dalam
bidang pendidikan, usaha mempertingkatkan penggunaan komputer dalam
pengajaran dan pembelajaran terus dipergiatkan bagi melahirkan generasi muda
yang celik komputer dan sentiasa peka dengan perkembangan teknologi semasa.
Selaras dengan kesungguhan kerajaan menggalakkan penggunaan komputer dalam
bidang pendidikan, adalah wajar satu kajian dilakukan untuk mengetahui tahap
penggunaan komputer bagi pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan
guru-guru. Justeru itu, satu kajian kes dijalankan di tiga buah sekolah
menengah Pulau Pinang.
|
Rumusan
Masalah
|
Rumusan Masalah dalam jurnal ini
adalah bagaimana guru-guru yang berada di daerah Timur Laut Pulau Pinang
dalam menggunaakan media pembelajaran komputer untuk mengajar para anak
didiknya ?
|
Tujuan
Penelitian
|
Tujuan Penelitian dalam jurnal ini
adalah untuk mengetahui bagaimana guru-guru yang berada di daerah Timur Laut
Pulau Pinang dalam menggunaakan media pembelajaran komputer untuk mengajar
para anak didiknya.
|
Teori
yang digunakan
|
Teori Resapan Inovasi digunakan
dalam kajian ini untuk melihat tahap penggunaan komputer dalam pengajaran dan
pembelajaran dalam kalangan guru, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan
mereka untuk menggunakan komputer dalam proses pengajaran dan
pembelajaran serta melihat sikap guru terhadap
sifat-sifat inovasi komputer.
Teori
Resapan Inovasi adalah satu teori yang dipelopori oleh Everett M. Rogers.
''Resapan'' merupakan proses di mana sesuatu inovasi dihubungkan melalui
saluran-saluran tertentu mengikut masa dalam kalangan ahli-ahli dalam
sesebuah sistem sosial (Rogers, 1983).
|
Metode
Penelitian
|
Kajian ini
menggunakan kaedah tinjauan. Borang soal selidik berstruktur digunakan
sebagai instrumen utama kajian ini. Sampel kajian terdiri daripada guru-guru
yang dipilih dari tiga buah sekolah menengah dalam daerah Timur Laut Pulau
Pinang. Rekabentuk
kajian yang digunakan adalah berbentuk deskriptif dan kuantitatif.
|
Hasil
Penelitian
|
Hasil kajian berdasarkan Jadual 1
menunjukkan bahawa lebih ramai guru wanita berbanding lelaki, di mana
bilangan responden perempuan ialah 109 orang (67.7%) manakala bilangan
responden lelaki hanya 52 orang (32.3%).
Taburan kekerapan tertinggi bagi
umur adalah bagi kategori 26 hingga 35 tahun iaitu seramai 68 orang (42.2%),
diikuti oleh kategori umur antara 36–45 tahun iaitu seramai 56 orang (34.8%)
dan kategori umur lebih 45 tahun adalah seramai 28 orang (17.4%). Cuma 9
orang (5.6%) yang berumur kurang dari 26 tahun.
Seterusnya, kaum Melayu mencatatkan
taburan kekerapan yang tertinggi iaitu seramai 118 orang (73.3%), diikuti
oleh kaum Cina seramai 23 orang (14.3%), kaum India seramai 16 orang (9.9%)
dan lain-lain yang terdiri daripada suku kaum Sabah, Sarawak dan India Muslim
sebanyak empat orang (2.5%). Dari segi status perkahwinan pula, majoriti
responden iaitu 126 orang (78.3%) telah pun mendirikan rumah tangga, manakala
31 orang (19.3%) masih bujang.
Taburan kekerapan bagi mata
pelajaran major yang diajar pula menunjukkan responden yang mengajar subjek
Matematik dan Bahasa Inggeris mencatatkan bilangan responden yang sama iaitu
masing-masing seramai 23 orang (14.3%), diikuti dengan 22 responden (13.7%)
yang mengajar subjek Sains, 19 responden (11.8%) yang mengajar subjek Bahasa
Melayu dan 15 responden (9.3%) yang mengajar subjek Sejarah. Baki 59
responden lagi merupakan mereka yang dikategorikan sebagai mengajar subjek
lain-lain seperti subjek Pendidikan Islam, Geografi, Kemahiran Hidup, Ekonomi
dan Pendidikan Jasmani.
Hasil
kajian menunjukkan sebilangan besar daripada responden adalah guru biasa
iaitu seramai 97 orang (60.2%). Ini diikuti oleh Guru Panitia seramai 40
orang (24.2%), Penolong Kanan seramai enam orang (3.7%), Penolong Kanan Hal
Ehwal Murid (HEM) seramai 4 orang (2.5%) dan Pengetua seramai tiga orang
(1.9%). Baki 11 responden yang dikategorikan sebagai lain-lain pula merupakan
mereka yang memegang.
|
Simpulan
|
Secara umumnya dapatlah dirumuskan
bahawa faktor pengetahuan, sikap, sifat-sifat inovasi, personaliti guru, dan
sokongan organisasi amat mempengaruhi penerimaan dan penggunaan komputer
dalam pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru. Di samping itu
faktor demografi seperti jantina, umur dan mata pelajaran major yang diajar
didapati tidak mempengaruhi penggunaan komputer dalam pengajaran dan
pembelajaran.
Pengkaji-pengkaji di masa hadapan
dicadangkan menjalankan kajian yang lebih mendalam mengenai sikap guru
terhadap sifat-sifat komputer dan faktor-faktor yang menyebabkan penolakan
penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran. Sekiranya
kebolehcubaan adalah faktor utama penolakan, maka adalah wajar untuk
mengadakan perancangan yang lebih teliti dan mencari jalan yang berkesan demi
meningkatkan tahap keramahan penggunaan komputer dalam kalangan guru dalam
pengajaran dan pembelajaran dan disesuaikan mengikut keperluan individu yang
berbeza. Selain itu, pengkaji seterusnya juga perlu mengenal pasti terlebih
dahulu apakah faktor-faktor utama yang menyebabkan guru-guru menerima atau
menolak penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran supaya dapat
dijadikan pandangan serta panduan untuk menjalankan kajian.
Selain itu, kajian-kajian akan datang
boleh menggunakan bentuk inovasi yang lain seperti e-mel, internet dan
lain-lain lagi. Di samping itu, skop kajian juga mungkin boleh diperluaskan
bukan sahaja terhadap guru-guru di Daerah Timur Laut tetapi guru-guru di
daerah-daerah mahupun di negeri lain juga. Tambahan pula, selain daripada
kaedah tinjauan melalui soal selidik, kaedah temuduga juga boleh dijalankan
untuk mengukuhkan serta mendapatkan maklumat tambahan mengenai keputusan
kajian. Kajian terhadap guru-guru adalah penting berikutan dasar kerajaan
ketika ini untuk menuju ke era e-pembelajaran dan e-kerajaan. Oleh itu,
guru-guru perlu bersedia menerima penggunaan komputer dalam proses pengajaran
dan pembelajaran supaya dapat melahirkan generasi yang celik komputer. Ini
bagi melahirkan generasi yang akan datang tidak kekok dengan perkembangan
teknologi yang berlaku saban hari secara berterusan.
|
CRITICAL
JURNAL REVIEW II
Judul
|
Penggunaan
Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi
|
Jurnal
|
Pemikiran
Alternatif Pendidikan
|
Vol
& Hal
|
Vol.
12 & Hal. 1 - 6
|
Tahun
|
2007
|
Penulis
|
Maria Ulpah
|
Riviewer
|
Lidya
Handayani Pohan (2162311006)
Nuzrul
Meylinda (2163311027)
Arliya
Lubis (2162311002)
Wasti
Sitanggang (21633112163311039)
Desi
Tiar Uli Marbun (2163311008)
|
Tanggal
|
08
November 2016
|
Latar
Belakang
|
Media
pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan dalam proses pembelajaran.
Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pengajar, peserta didik, dan
bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai
pesan atau media. Jadi, sebagai alat bantu,media mempunyai fungsi melicinkan
jalan menuju tercapainya tujuan pembelajaran.
Kegiatan belajar peserta didik
dengan bantuan media akan menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih baik
daripada tanpa bantuan media. Dengan media diharapkan terjadi interaksi
antara dosen dengan mahasiswa secara maksimal sehingga dapat mencapai hasil
belajar yang sesuai dengan tujuan.
Penggunaan media pembelajaran yang
tidak tepat akan menyebabkan mahasiswa salah paham terhadap pokok bahan ajar
yang diberikan dan menghalangi mereka untuk mencapai hasil belajar seperti
yang diinginkan. Dalam pemilihan dan penggunaan media harus mempertimbangkan:
pertama, tujuan yang akan dicapai; kedua, kesesuaian media
dengan materi yang akan dibahas; ketiga, tersedianya sarana dan prasarana
penunjang; dan keempat, karakteristik mahasiswa.
|
Rumusan
Masalah
|
Rumusan Masalah dalam jurnal ini
adalah yang pertama apa saja keistimewaan komputer sebagai media pembelajaran
dan yang kedua adalah bagaimana model pembelajaran dengan menggunakan media
komputer di perguruan tinggi.
|
Tujuan
Penelitian
|
Tujuan Penelitian yang ada dalam
jurnal ini adalah untuk mengetahui keistimewaan komputer sebagai media
pembelajaran dan juga untuk mengetahui model pembelajaran yang bagaimana yang
digunakan di perguruan tinggi dengan media komputer.
|
Teori
yang digunakan
|
|
Metode
Penelitian
|
|
Hasil
Penelitian
|
Komputer Sebagai Media Pembelajaran
Komputer adalah alat elektronis
otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang
diinstruksikan dan memberikan hasil pengolahan, biasanya terdiri atas unit pemasukan,
unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.
Komputer sebagai media dalam proses
pembelajaran memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki oleh media
lain, beberapa keistimewaan itu antara lain sebagai berikut :
1.
Komputer dapat berperan sebagai media yang efektif
untuk menumbuhkembangkan minat dan kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran.
2.
Komputer dapat menjadikan mahasiswa berpartisipasi
aktif dalam pembelajaran (terciptanya hubungan interaktif).
3.
Dengan menggunakan komputer sebagai media
pembelajaran, seringkali mahasiswa berhasil mempelajari bahan ajar yang sama
banyaknya dengan waktu yang lebih sedikit.
4.
Mahasiswa yang belajar dengan media komputer
mempunyai kemampuan mengingat materi kuliah dalam waktu yang lebih lama dan
dapat menggunakannya dalam bidang-bidang lain.
5.
Komputer memberi fasilitas bagi mahasiswa untuk
mengulangi pelajaran apabila diperlukan, dengan tujuan memperkuat proses
belajar dan memperbaiki ingatan.
6.
Komputer membantu mahasiswa memperoleh umpan balik
secara leluasa dan bisa memacu motivasi mahasiswa dengan peneguhan positif
yang diberikan jika mahasiswa memberikan jawaban.
Model
Pembelajaran dengan Media Komputer di Perguruan Tinggi
Model-model
tersebut di antaranya adalah sebagai berikut :
1. Simulasi
Pada model simulasi, komputer
menyediakan suatu situasi buatan yang serupa dengan situasi yang sebenarnya,
di mana mahasiswa dapat melakukan latihan sama persis seperti dalam situasi
yang sesungguhnya tanpa harus menghadapi risiko buruk seperti yang terjadi
dalam situasi sesungguhnya. Model simulasi ini selalu bersifat exploratory dan
menekankan penyelesaian masalah.
Contohnya seperti program yang
digunakan dalam pembelajaran calon-calon pilot dalam latihan mengemudikan
pesawat terbang. Institusi pendidikan pilot menggunakan program komputer flight
simulator. Sesuai dengan karakteristiknya yang bersifat simulasi, seluruh
situasi dibuat mirip dengan aslinya. Melalui program komputer tersebut calon
pilot mendapat bimbingan persis seperti dalamsituasi nyata, namun tanpa perlu
khawatir mengalami situasi buruk adanya tabrakan atau kecelakaan pesawat.
2. Latihan dan Praktik (drill and practice)
Model ini
membantu mahasiswa dalam mengingat
dan menggunakan informasi yang diberikan dosen,
menguatkan pelajaran yang sudah lewat melalui pengulangan,17 misalnya dalam
memahami fakta, konsep, aturan, dan prosedur (algoritma). Latihan
berfungsi untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan
konsep dan ide yang telah dipelajarinya. Model ini lebih ditujukan untuk me-review
materi yang telah lewat (telah diajarkan) daripada mempelajari materi baru.
3. Hiperteks dan Hipermedia
Hiperteks adalah penyampaian
informasi dalam bentuk teks atau kalimat dengan cara yang tidak berurutan,
pengguna komputer boleh mencari kata yang diperlukan mengikuti yang
dikehendakinya tanpa harus mengikuti urutan tertentu melalui kata kunci (password)
dan teks yang diberi warna lain (hotword) yang terdapat dalam teks.
Adapun hipermedia adalah gabungan berbagai media seperti video, suara,musik,
teks, animasi, film, grafik dan gambar yang diatur oleh hiperteks.
4. Tutorial
Tutorial dirancang untuk
menyampaikan materi perkuliahan yang baru, di mana mahasiswa belum pernah
diajarkan materi ini sebelumnya. Program komputer diformat berupa dialog
antara komputer dan mahasiswa, informasi disajikan, pertanyaan diajukan oleh
mahasiswa dan jawaban diberikan, lalu keputusan dibuat untuk melanjutkan
materi baru atau me-review materi yang telah disajikan.
5. Permainan (game)
Pola interaksi dalam bentuk
permainan menyajikan materi kuliah dengan cara yang kompetitif dan menghibur
dalam upaya memelihara minat belajar mahasiswa. Pada dasarnya permainan bisa bersifat
murni, tapi bisa juga didesain sehingga cocok untuk tujuan-tujuan pendidikan.
Model ini biasanya ditujukan untuk tujuan yang spesifik dan melibatkan
beberapa ukuran kompetisi.
|
Simpulan
|
Penggunaan
media atau alat-alat berteknologi modern seperti komputer di dalam
perkuliahan tentu tidak bermaksud mengganti cara mengajar yang baik,
melainkan untuk melengkapi dan membantu para dosen dalam menyampaikan materi.
Hal ini menuntut dosen untuk lebih profesional dalam pengorganisasian
pembelajaran dan meningkatkan kompetensinya agar mampu menyerap pemanfaatan
teknologi komputer dalam perkuliahan.
Komputer sebagai media teknologi
merupakan alat yang cukup strategis untuk dapat membantu pembelajaran di
perguruan tinggi. Namun demikian, di samping berbagai keunggulan komputer dalam
pembelajaran yang telah banyak disinggung di atas, perlu diantisipasi juga
beberapa keterbatasan dan kelemahan komputer dalam membantu pembelajaran di
perguruan tinggi. Hal ini agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan
tujuan instruksional yang telah digariskan
sebelumnya dan menghasilkan
mahasiswa berkualitas.
|
KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN JURNAL
KELEBIHAN
1.
Kelebihan
Jurnal : Penggunaan Komputer Dalam Pengajaran-Pembelajaran Dalam Kalangan Guru
Sekolah Menengah : Satu Kajian Kes Di Pulau Pinang
Kelebihan
dalam jurnal ini adalah abstrak yang digunakan dalam jurnal ini menggunakan 2
bahasa yaitu bahasa inggris dan bahasa indonesia. Menggunakan presentase yang
membuat jurnal ini menjadi lebih akurat. Di dalam jurnal ini lengkap dituliskan
mengenai teori yang digunakan dan juga metode penelitian. Dalam jurnal ini juga
memliki banyak refrensi baik dari buku maupun dari internet sehingga membuat
jurnal ini lebih akurat dan dapt dipercaya.
2.
Kelebihan
Jurnal : Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi
Kelebihan
yang terdapat dalam jurnal ini adalah menggunakan kalimat yang efektif,
menggunakan kata-kata yang mudah dipahami sehingga pembaca tidak bosan untuk
membaca jurnal ini sampai selesai. Sama seperti jurnal yang pertama, jurnal
yang kedua ini mencantumkan referensi-referensinya yang membuat jurnal ini
terpecaya
KEKURANGAN
1.
Kekurangan
Jurnal : Penggunaan Komputer Dalam Pengajaran-Pembelajaran Dalam Kalangan Guru
Sekolah Menengah : Satu Kajian Kes Di Pulau Pinang
Didalam
jurnal ini walaupun isinya sudah lengkap dan memiliki kelebihan yang banyak,
namun terdapat juga beberapa kekurangan, diantaranya ; pada jurnal ini
menggunakan banyak kalimat yang bertele-tele, menggunakan kata yang sulit untuk
dipahami, menggunakan tulisan ejaan yang sulit dimengerti.
2.
Kekurangan
Jurnal : Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi
Kekurangan
yang dimiliki jurnal ini adalah abstrak yang digunakan hanya menggunakan bahasa
inggris saja, dan tidak menggunakan bahasa indonesia, didalam abstark tidak
hanya itu saja kekurangannya, abstrak dalam jurnal ini juga sedikit. Kekurangan
lainnya adalah didalam jurnal ini tidak mencantumkan jurnal ini menggunakan
teori apa dan metode penelitian yang seperti apa yang digunakan dalam jurnal
ini.
The Casino at Mohegan Sun Pocono: Now Open | JtmHub
BalasHapusGuests at the Mohegan Sun Pocono 부천 출장마사지 Casino are 과천 출장마사지 invited to take advantage 김제 출장안마 of a complimentary breakfast 이천 출장마사지 credit of up 오산 출장안마 to $50 per